Pelajari Strategi Direct Marketing Yang Jitu Menarik Pelanggan Disini !!

Berinteraksi langsung dengan pelanggan adalah salah satu hal yang harus dipertimbangkan dengan baik oleh marketer. Salah satu teknik yang tepat dalam melaksanakan ini adalah direct marketing.

Banyak yang berpikir bahwa strategi pemasaran ini sering dipilih oleh marketer sebagai teknik yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Karena, ini dianggap efektif karena secara langsung mengarah pada pelanggan, tanpa perlu perantara lainnya.

Nah sebenarnya, apa itu direct marketing ? Dan seberapa efektif penggunaannya dalam kegiatan pemasaran ?

Kali ini, REFT Digital akan membahasnya secara lengkap. Silahkan simak artikel ini sampai selesai ya✌️

Apa Itu Direct Marketing ?

Pemasaran langsung atau Direct Marketing adalah bagaimana kalian melahirkan kontak langsung dengan pelanggan dan pelanggan potensial dalam melakukan kampanye iklan atau produk layanan.

Seorang ahli dalam marketing akan lebih mudah untuk mencapai tujuannya secara lebih spesifik dan mampu memberikan pesan pribadi dengan teknik direct marketing.

Jika dilakukan dengan tepat, direct marketing akan dapat menghasilkan nilai penjualan yang tinggi dengan nilai biaya yang cenderung rendah. Saat ini, ada banyak jenis direct marketing, mulai dari cara tradisional hingga cara modern dengan memanfaatkan internet.

Salah satu contoh pemasaran secara langsung ini adalah pemasaran yang dilakukan dari jarak jauh, seperti email marketing, penjualan pribadi, memberikan katalog secara langsung, dan masih banyak yang lainnya.

Pengertian Direct Marketing Menurut Para Ahli

Beberapa pakar dan pemasaran bisnis memberikan penjelasan singkat tentang direct marketing. Berikut ini adalah pengertian dari direct marketing menurut para ahli :

Duncan

Menurut Duncan, direct marketing adalah teknik pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk memelihara dan membangun komunikasi secara langsung dengan pelanggannya. Strategi ini dianggap lebih efektif karena mampu berinteraksi dengan membuat basis data yang dapat digunakan dengan mengaktifkan komunikasi pemasaran dengan memanfaatkan berbagai media untuk mendorong tanggapan pelanggan.

Kotler – Gary Armstrong

Menurut Kotler-Gary Armstrong, direct marketing adalah sistem pemasaran yang memanfaatkan berbagai media periklanan agar dapat berinteraksi langsung dengan konsumen target. Secara umum, interaksi ini akan terjalin melalui email, telepon, atau bertemu pelanggan secara langsung untuk dapat mendapatkan tanggapan mereka.

Suyanto

Menurut Suyanto, direct marketing adalah sistem pemasaran yang menggunakan saluran langsung untuk dapat menjangkau konsumen dan menyediakan barang atau jasa bagi konsumen tanpa bantuan perantara.

Manfaat Direct Marketing

Setelah membaca pembahasan di atas, kita semua setuju bahwa direct marketing adalah teknik pemasaran yang paling efektif dilakukan untuk membangun hubungan langsung dengan audiens.

Selain itu, kalian akan mendapatkan berbagai manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan dengan menerapkan direct marketing.

1. Menghemat Anggaran Pemasaran

Dengan menerapkan direct marketing, salah satu manfaat terbesar adalah kalian dapat menghemat anggaran untuk pemasaran.

Karena, kalian tidak terlalu bergantung pada periklanan, apakah itu iklan online atau offline atau offline.

Kalian lebih fokus untuk mendapatkan segmentasi pasar yang tepat dengan tujuan menawarkan atau mengundang pelanggan secara langsung, tanpa perantara pihak ketiga.

2. Mendapat Respon Langsung dari Pelanggan

Direct Marketing langsung ke pelanggan memiliki potensi untuk meningkatkan pendapatan bisnis. Pelanggan dapat langsung memanfaatkan diskon atau membeli rilis terbatas produk yang ditawarkan.

Terlepas dari penghasilan, tanggapan pelanggan dapat menjadi ukuran keberhasilan strategi pemasaran kalian.

3. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Direct Marketing memiliki potensi untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Terkadang, pelanggan tidak menemukan produk atau layanan kalian secara online. Nah, melalui direct marketing, kalian memiliki kesempatan untuk menjelaskan secara rinci secara rinci tentang produk atau layanan kepada mereka.

Bahkan, ada kemungkinan bahwa kalian  telah mencapai pelanggan untuk memberi tahu produk kalian kepada orang terdekat jika kalian berhasil membuatnya tertarik pada produk yang ditawarkan.

Otomatis, ini juga akan menciptakan advokasi pelanggan dan membuat bisnis kalian tumbuh lebih cepat.

4. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Seperti dijelaskan di atas, direct marketing adalah teknik pemasaran dengan melakukan kontak langsung dengan pelanggan tanpa perantara, apakah itu melalui telemarketing atau email.

Teknik ini secara otomatis membuat hubungan dengan pelanggan merasa lebih pribadi. Dengan demikian, pelanggan merasa sangat dihargai sebagai konsumen. Ini dapat meningkatkan loyalitas mereka dengan brand kalian.

Bahkan, ada kemungkinan bahwa mereka juga mengulangi pesanan atau mengatur ulang transaksi setelah sebelumnya membeli produk atau layanan kalian.

Jenis Direct Marketing

Jika kalian ingin menerapkan teknik pemasaran ini, kalian perlu mengetahui berbagai jenis untuk memaksimalkannya dengan baik.

Apa saja sih jenis direct marketing? Berikut adalah beberapa jenis direct marketing yang biasanya kita temukan.

1. TeleMarketing

Telemarketing adalah salah satu jenis pemasaran langsung yang memanfaatkan telepon untuk menghubungi pelanggan, baik pelanggan baru atau potensial secara langsung.

Telemarketing memiliki potensi untuk membawa pelanggan baru dalam volume besar dan cara yang tepat untuk menindaklanjuti kampanye pemasaran langsung.

Perlu diingat, kalianharus meneliti pelanggan terlebih dahulu dan mencari tahu mana yang memiliki kecocokan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Ini akan membantu kalian memaksimalkan telemarketing.

2. Email Marketing

Pernahkah kalian mendengar tentang email marketing ? Jenis direct marketing ini sangat cocok untuk meningkatkan hubungan pribadi dengan pelanggan.

Kalian bisa membuat buletin yang berisi promo, pemberitahuan baru tentang produk, atau hal-hal lain kepada pelanggan melalui email. Jika perlu, ucapkan selamat ulang tahun untuk pelanggan yang setia melalui email sehingga mereka merasa dihargai.

3. Internet Marketing

Internet Marketing atau yang umumnya dikenal sebagai digital marketing adalah jenis pemasaran langsung yang memanfaatkan website untuk meningkatkan penjualan.

Dalam internet marketing, biasanya orang akan mempromosikan produk atau layanannya melalui Internet dengan mencapai lalu lintas sebanyak mungkin. Salah satu praktik akrab dari jenis ini adalah Search Engine Optimization (SEO).

Melalui SEO, kalian bisa mencapai lalu lintas organik melalui Google, maka target pasar kalian dapat mengetahui produk maupun layanan secara langsung.

4. Content Marketing

Jenis direct marketing berikutnya yang dapat digunakan oleh perusahaan dan marketer adalah content marketing. Strategi yang satu ini adalah tren besar di dunia pemasaran selama dekade terakhir.

Mengapa demikian ? Karena, content marketing dapat memberikan nilai bagi audiens melalui konten yang mendidik, memotivasi, menghibur, dan menginspirasi. Tidak hanya itu, biaya peluncurannya juga dianggap lebih murah, sehingga sangat cocok untuk perusahaan kecil maupun besar.

Bahkan, strategi content marketing ini juga dianggap sangat efektif untuk meningkatkan keterlibatan audiens potensial dan prospek perusahaan.

5. Social Media Marketing

Memanfaatkan media sosial untuk melakukan pemasaran langsung adalah satu cara cerdas untuk menjalin hubungan dengan pelanggan.

Kalian bisa berbagi konten di media sosial, maka pelanggan dapat membagikannya dengan mudah ke media sosial mereka. Selain itu, pelanggan juga dapat mengomentari konten yang kalian bagikan.

6. Direct Selling

Direct Selling adalah jenis direct marketing yang sering digunakan oleh perusahaan berbasis korporat. Strategi ini melibatkan perwakilan yang menjual produk dan layanan langsung kepada pelanggan.

Misalnya, perusahaan akan menugaskan karyawan untuk pergi dari rumah ke rumah dan mengiklankan layanan berlangganan dan produk lainnya kepada pelanggan.

Bentuk direct marketing ini memungkinkan perusahaan untuk membangun lebih banyak hubungan pribadi dengan pelanggan. Mereka kemudian dapat mempelajari preferensi pelanggan dengan lebih baik karena interaksi tatap muka yang sering terjadi.

7. Display Ads

Di era modern ini, display ads adalah salah satu jenis direct marketing yang sering digunakan oleh perusahaan.

Bagi kalian yang tidak tahu, metode ini dapat menarik audiens di situs web, platform media sosial, atau media digital lainnya untuk segera mengambil tindakan.

Direct Marketing jenis ini sering hadir dalam bentuk iklan, gambar, atau video berbasis teks yang dapat mendorong pengguna untuk mengklik halaman-halaman tertentu.

Sebagian besar kampanye tampilan iklan dikenakan biaya per klik (CPC). Artinya, setiap kali pengguna mengklik iklan, perusahaan akan dibebankan berdasarkan strategi keseluruhan penawaran mereka.

8. Catalog Marketing

Jenis direct marketing berikutnya yang sering digunakan oleh banyak perusahaan adalah catalog marketing.

Salah satu metode direct marketing tertua, catalog marketing melibatkan buku pelayaran booklet untuk calon pelanggan biasanya melalui email. Katalog dan booklet menampilkan produk dan layanan yang dimiliki oleh organisasi, yang memiliki potensi untuk menghasilkan pendapatan.

9. Kiosk Marketing

Jenis direct marketing yang dapat digunakan oleh pemasar di era modern ini adalah kiosk marketing.

Meskipun tampaknya kuno, strategi ini masih dianggap relevan dan efektif. Karena, ini adalah metode hemat biaya yang dapat menjangkau banyak konsumen di lingkungan yang ramai, seperti mal atau stadion.

Kiosk Marketing sendiri melibatkan penjualan produk dan layanan melalui kios dan mesin, dimana yang paling sering ditemui adalah mesin penjual otomatis.

10. Experiential marketing

Jenis direct marketing terakhir yang dapat digunakan oleh para marketer adalah Experiential Marketing.

Strategi pemasaran ini menarik konsumen ke acara atau pengalaman tertentu yang mendidik dan menghibur. Tujuan experiential marketing itu sendiri adalah untuk meningkatkan brand awareness dan memperdalam loyalitas dan kepercayaan pelanggan.

Dalam mengimplementasikan experiential marketing, perusahaan perlu mengatur kegiatan yang akan diikuti oleh prospek.

Contoh umum dari strategi pemasaran ini termasuk webinar, podcast, pameran dagang, seminar, dan konvensi.

Variabel Keputusan Direct Marketing

Terdapat beberapa varibel utama keputusan yang merupakan rangka asas teknik direct marketing, yaitu sebagai berikut.

Penawaran

Penawaran adalah bentuk lengkap proposal dalam bentuk produk dan layanan, harga, dan atribut lainnya yang ditemukan pada produk yang ditawarkan kepada pelanggan.

Kreatif

Berbagai variabel yang disertakan termasuk platform penyalinan, teknik, elemen desain grafis, dan semua aspek manufaktur seperti penyesuaian.

Media

Ada berbagai jenis media yang tersedia untuk teknik pemasaran langsung, seperti telepon, SMS, email, situs web, media sosial, dll.

Customer Service

Dalam hal ini, perusahaan harus menyediakan saluran gratis di mana pelanggan dapat dengan mudah dan cepat mengakses semua informasi dan memberikan tanggapan, keluhan, atau saran pada perusahaan.

Waktu dan Urutan

Ada pilihan waktu dan disposisi komunikasi dalam teknik direct marketing, seperti dalam iklan umum. Direct Marketing memiliki kontrol yang lebih tinggi terhadap teknik pemasaran lain, seperti ketika mengirim email, pilihan media digunakan, dan dalam segmen apa pun direct marketing dilakukan.

Ini tentu berbeda dari teknik pemasaran umum, yang biasanya mengikuti publikasi mereka, dan pembatasan ruang dan program yang dapat diubah sesuai dengan kehendak mereka sendiri.

Kelebihan Direct Marketing

Penggunaan direct marketing memiliki berbagai keunggulan. Berikut ini adalah beberapa kelebihannya

1. Memiliki Target yang Jelas

Anda dapat mengirim pesan secara khusus kepada pelanggan atau calon pelanggan. Semakin Anda tahu target promosi kalian, penawaran kalian semakin dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau selera mereka.

2. Informatif

Melalui pemasaran langsung, Kalian dapat menyajikan detail informasi produk kalian. Mulai dari harga, cara mendapatkan diskon, atau manfaat yang diperoleh dari penawaran kalian.

3. Personal

Melalui direct marketing, kalian dapat berinteraksi dengan pelanggan secara pribadi. Misalnya, kalian dapat mengirim email ucapan kepada pelanggan yang membeli laptop di toko Anda. Dalam pesan kalian pada saat yang sama menawarkan laptop atau aksesori perangkat lunak yang mungkin diperlukan.

4. Biaya Terjangkau

Penggunaan layanan media periklanan seperti televisi atau billboard mengharuskan kalian membayar biaya besar.

Melalui direct marketing, kalian dapat menghemat biaya promosi. Terjangkaunya harga internet adalah contohnya, membuat promosi melalui email dan media sosial dapat dilakukan secara luas dan mudah.

5. Hasil yang Bisa Diukur

Promosi yang dilakukan secara langsung dapat segera diukur dengan hasilnya. Misalnya, kalian mengirim promosi menggunakan kode diskon, kalian bisa langsung mengukur tingkat keberhasilan strategi ini.

Kekurangan Direct Marketing

Setelah mengetahui kelebihannya, berikut adalah kekurangan direct marketing.

1. Mengganggu Target

Beberapa orang berpikir pemasaran langsung mengganggu. Misalnya ledakan SMS dilakukan oleh penyedia seluler. Dalam satu hari, pelanggan dapat menerima banyak SMS yang berisi promosi serupa.

Direct Marketing yang mengganggu akan memberikan kesan buruk pada bisnis kalian. Selain itu, itu membuat konsumen tidak tertarik menggunakan produk yang ditawarkan.

2. Memiliki Banyak Pesaing

Jumlah bisnis yang menggunakan direct marketing membuat promosi kalian menjadi tidak terlihat istimewa.

Misalnya dalam email marketing. Promosi kalian tenggelam dengan mudah karena jumlah email promosi yang diterima oleh calon konsumen.

3. Sumber Daya yang Terbatas

Penggunaan direct marketing seperti telepon membutuhkan biaya besar. Oleh karena itu, hanya perusahaan tertentu yang menggunakan metode ini dalam pemasaran langsung.

Pemasaran langsung seperti penjualan langsung juga mengalir waktu dan kekuatan. Dalam beberapa jenis bisnis, pemasaran langsung tidak menghasilkan respons yang sebanding dengan sumber daya yang dikeluarkan.

Langkah-Langkah Penggunaan Direct Marketing

Strategi pemasaran langsung yang tepat menyediakan hasil maksimal untuk bisnis Anda. Berikut ini adalah langkah strategi pemasaran langsung yang perlu Anda lihat.

1. Tentukan Target Pasar

Dari data yang kalian miliki, pemilihan pelanggan dan calon pelanggan potensial. Perlu diingat, setiap pelanggan memiliki karakteristiknya sendiri. Memahami latar belakang dan kebutuhan masing-masing pelanggan, sehingga kalian dapat menawarkan promosi yang sesuai.

Dengan mempelajari target pasar, kalian bisa mendapatkan hasil maksimal dalam bisnis.

2. Rencanakan Bentuk Promosi

Merencanakan formulir promosi yang efektif adalah langkah selanjutnya. Salah satu contoh adalah dengan memberikan diskon.

Diskon umumnya diberikan pada waktu tertentu. Di luar negeri kita tahu penjualan musim dingin atau Black Friday. Di Indonesia, misalnya hari-hari belanja online nasional atau diskon independensi.

Kalian juga perlu menentukan platform komunikasi yang cocok dengan desain promosi Anda. Apakah lebih cocok melalui email, SMS, atau telepon langsung.

3. Arahkan Calon Pelanggan ke Website

Dalam implementasi direct marketing, kalian dapat menggabungkannya dengan pemasaran internet. Pemilik situs web bisnis dapat menggunakan pemasaran langsung untuk mengarahkan pelanggan ke situs web mereka.

Melalui situs web, pelanggan dapat menemukan lebih banyak produk yang kalian miliki tanpa harus datang ke lokasi. Jika ada produk lain yang ingin dibeli pelanggan, tentu saja lebih baik. Sekali menyelam, dua pulau tiga terlampaui.

Namun, pastikan penampilan situs web kalian tidak tumpang tindih dengan email yang dikirim. Desain email yang menarik harus selaras dengan desain halaman arahan situs web yang menarik.

4. Lakukan Analisa Performa

Direct Marketing menghasilkan respons langsung. Itu berarti kalian dapat mengukur keberhasilan strategi Anda dengan cepat.

Jika banyak merespons tawaran itu, itu berarti strategi kalian berhasil. Jika tidak, kalian bisa segera mengevaluasinya. Apa yang membuat penawaran tidak menarik perhatian pelanggan. Strategi pemasaran langsung dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan ragu untuk menambahkan strategi lain yang dibutuhkan.

Tips Jitu Strategi Direct Marketing

Dalam mengimplementasikan direct marketing, REFT Digital memiliki beberapa tips yang penting untuk diketahui.

1. Jaga Perasaan Pelanggan

Direct Marketing yang tidak disiapkan dengan benar akan berisiko mengganggu, bahkan menyinggung pelanggan. Karena itu, kalian harus memperhatikan pengalaman pelanggan dalam komunikasi kalian.

Selain itu, hindari mengulangi pendekatan kepada calon pelanggan yang tidak tertarik dengan produk kalian. Alih-alih menarik, itu bisa membuat mereka kesal. Dari sana calon pelanggan dapat memberikan penilaian buruk pada bisnis kalian.

2. Pahami Etika dalam Direct Marketing

Kalian harus mempelajari etika dan hukum pemasaran langsung sebelum memutuskan untuk menerapkannya dalam strategi kalian. Dengan begitu, kalian dapat memperlakukan pelanggan potensial dengan baik sampai mereka memiliki potensi untuk menjadi pelanggan yang loyal.

Misalnya, kalian tidak boleh melakukan direct marketing kepada pelanggan yang telah menolak promosi langsung dari kalian. Jika kalian bersikeras, maka kalian dan perusahaan dapat dilaporkan kepada pihak berwenang.

Namun, memahami etika dan hukum direct marketing tidak hanya berguna untuk mendapatkan konsumen. Ini juga membantu kalian menciptakan budaya yang lebih baik di lingkungan perusahaan. Terutama termasuk persaingan yang sehat antara karyawan dalam mengejar target penjualan.

Kesimpulan

Pemasaran langsung atau direct marketing adalah bagaimana kalian melahirkan kontak langsung dengan pelanggan kalian dan pelanggan potensial dengan melakukan kampanye iklan atau produk layanan. Seorang ahli dalam pemasaran akan lebih mudah untuk mencapai tujuannya secara lebih spesifik dan mampu memberikan pesan pribadi dengan teknik pemasaran langsung.

Jika dilakukan dengan tepat, direct marketing akan dapat menghasilkan nilai penjualan yang tinggi dengan nilai biaya yang cenderung rendah. Salah satu contoh pemasaran langsung adalah pemasaran yang dilakukan dari jarak jauh, pemasaran email, penjualan pribadi, memberikan katalog secara langsung, dll.

Leave a Comment