Tips Jitu Rahasia Untuk Meningkatkan Leads 107% !!

Leads sering kita temui dalam dunia digital marketing. Namun, tidak semua orang tahu apa itu leads.

Pada dasarnya, leads adalah orang-orang yang sudah terindikasi dengan produk atau layanan perusahaan Anda, baik karena cara kalian memasarkannya atau karena kualitas produk atau layanan Anda.

Sebagai contoh sederhana, kalian dapat mengikuti survei online untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang cara merawat mobil kalian. Kemudian, kalian menerima email dari perusahaan mobil yang melakukan survei dari situs web mereka tentang bagaimana mereka dapat membantu merawat mobil Anda.

Karena itu, tidak mungkin mereka hanya menghubungi kalian tanpa mengetahui jika kalian tertarik dengan perawatan mobil. Perusahaan mobil tentang kalian dari menjawab survei akan membantu mereka menjadi lebih akrab dalam hal komunikasi terbuka dalam memenuhi kebutuhan klien potensial.

Banyak ahli marketing di sekitar kita berbagi kiat tentang cara meningkatkan prospek, termasuk cara dan media paling ampuh untuk menemukan calon pelanggan. Media sosial menjadi media yang sangat penting ketika kita berbicara tentang cara terbaik untuk meningkatkan leads dan penjualan atau mencari pelanggan baru.

Namun, satu studi menemukan bahwa platform media seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Pinterest tidak terlalu efektif dalam menghasilkan prospek penjualan berkualitas tinggi.

Di sisi lain, meskipun pameran dagang dan webinar bagus untuk organisasi atau perusahaan tertentu, lebih banyak orang menyukai LinkedIn dan Facebook. Namun, ketika kita berbicara tentang lead generation, tidak ada satu metode yang cocok dan cocok untuk dijalankan oleh semua perusahaan.

Jadi, bagaimana cara terbaik untuk menentukan atau media apa yang terbaik untuk mendapatkan pelanggan baru ? Temukan jawabannya dengan membaca artikel dari REFT Digital tentang leads ini sampai akhir.

Apa Itu Leads ?

Sederhananya, leads adalah orang-orang yang memiliki minat terhadap produk dan jasa Anda dan memiliki potensi besar sebagai pelanggan atau pembeli. Pada umumnya orang-orang tersebut akan meninggalkan informasi tertentu seperti kontak yang dapat dihubungi.

Dengan begitu, perusahaan atau bisnis kalian dapat mengirimkan informasi tentang produk dan layanan yang ditawarkan. Misalnya, kalian bisa mengirimkan penawaran promo menarik atau penawaran produk lainnya melalui informasi kontak yang mereka berikan.

Namun, untuk mendapatkan leads bukanlah pekerjaan yang mudah. Kalian memerlukan strategi yang disebut lead generation. Salah satu strategi yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat konten yang menarik di website dan media sosial lainnya. Konten tersebut bisa berupa foto, video, tips, atau artikel.

Jenis Leads

Setelah kalian memahami pengertian leads tersebut, alangkah baiknya untuk mengetahui jenis-jenis leads dalam dunia marketing. Karena hal ini akan memudahkan Anda untuk menghubungi dan mengingat kebutuhan calon pelanggan.

Dengan begitu, kalian dapat memanfaatkan promosi dan menawarkan produk secara efektif dan efisien melalui kategori calon pelanggan. Berikut ini adalah jenis-jenis marketing leads yang perlu Anda ketahui.

1. Marketing Qualified Leads

Marketing Qualified Leads adalah calon pelanggan yang mengetahui penawaran Anda. Dengan begitu, mereka akan memberikan kontak dan informasi pribadi dalam upaya berinteraksi dengan layanan Anda.

2. Sales Qualified Leads

Jika calon pelanggan mengetahui lebih lanjut tentang produk yang Anda tawarkan, maka disebut dengan Sales Qualified Leads. Kelompok ini termasuk dalam kategori calon nasabah yang lebih siap untuk mengambil keputusan lebih lanjut, seperti melakukan transaksi.

3. Product/Service Qualified Leads

Product/Service Qualified Leads adalah calon pelanggan yang mencoba menikmati produk yang Anda tawarkan. Biasanya mereka akan mencoba dengan promosi gratis dari Anda. Selanjutnya minat mereka akan muncul dan memutuskan untuk membeli produk Anda dengan harga normal.

Cara Jitu Melipatgandakan Leads

Setelah kita sama-sama memahami tentang jenis-jenis leads yang ada, maka sekarang Anda akan mengetahui cara yang paling efektif dan terbaik untuk mendapatkan lead. Cara paling efektif untuk mendapatkan lead adalah sebagai berikut :

1. Buat Landing Page

Landing Page adalah halaman khusus di situs web perusahaan Anda yang memiliki formulir untuk mengumpulkan lead. Umumnya halaman ini juga memuat informasi lengkap mengenai produk atau bisnis yang ditawarkan perusahaan. Dengan membuat landing page, Anda bisa mendapatkan banyak leads. Dengan bekal website yang memiliki halaman khusus, usaha Anda untuk mendapatkan leads akan terlihat elegan.

Selain itu, Anda juga berpeluang untuk mendapatkan leads secara terus menerus. Mengapa ? Karena landing page Anda akan terus berada di situs web tanpa batas waktu. Yang perlu Anda lakukan adalah mengarahkan setiap audiens untuk mengunjungi situs web dan halaman arahan Anda. Strategi ini juga dinilai sangat fleksibel untuk dipadukan dengan leads lainnya.

2. FreeBies

Freebies adalah konten yang sengaja dibuat dan dibagikan secara gratis. Namun, konten ini berbeda dengan blog atau video. Freebies ini biasanya dapat diunduh dan juga dicetak di atas kertas, seperti lembar kerja, checklist, ebook, panduan singkat, ebook, poster, dan masih banyak lagi.

Jika dibandingkan dengan cara mendapatkan leads melalui ebook, freebie ini bisa dibilang lebih efektif. Sebab, Anda bisa membuat konten dalam waktu yang lebih singkat. Tentu saja, format konten semacam ini juga akan lebih menghemat energi. Sebab, Anda bisa lebih lama dan energi Anda untuk mendapatkan masa lalu yang lebih berkualitas.

3. Manfaatkan Media Sosial

Anda juga dapat mencoba untuk mendapatkan leads dengan menggunakan media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Syaratnya, Anda harus memiliki nilai tambah atau konten eksklusif yang mampu menarik calon pelanggan.

Setelah itu, Anda bisa membuat konten pengumuman di media sosial. Konten konten dapat memberi tahu Anda bahwa Anda ingin membagikan sesuatu konten eksklusif secara gratis. Caranya, mereka hanya perlu memberikan alamat email.

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak prospek, Anda hanya perlu menambahkan persyaratan tertentu. Strategi ini telah banyak digunakan oleh perusahaan besar untuk mendapatkan banyak leads.

4. Bagikan EBook

Anda bisa mendapatkan leads dengan membuat ebook dan membagikannya secara gratis kepada calon pelanggan Anda. Metode ini adalah metode yang paling banyak digunakan oleh bisnis B2B.

Hal ini karena bisnis B2B umumnya tidak akan terjadi dalam satu pertemuan, dan karena transaksi bisnis di dalamnya sangat besar. Sehingga pembeli membutuhkan waktu yang lama untuk yakin dan sedikit untuk membeli atau menggunakan jasa perusahaan.

EBook bisa seperti “hadiah” untuk calon pelanggan Anda. Dengan berbagi ebook, Anda dapat meninggalkan kesan sebagai bisnis yang tepercaya, paling terampil, dan bereputasi baik. Apalagi jika Anda memiliki sifat bisnis yang sangat teknis. Sehingga setiap calon pelanggan bisa mendapatkan nilai tambah dan juga pengetahuan baru terkait bisnis yang Anda jalankan.

5. Buat Konten Premium

Jika Anda memiliki konten berkualitas super dan memiliki basis massa yang loyal, maka Anda dapat membuat konten premium. Cara ini dijamin mampu menghasilkan kualitas tinggi. Sebab, mereka sesuai dengan target pasar Anda.

Strategi ini sebenarnya banyak dilakukan oleh beberapa portal berita dan majalah online. Apalagi oleh media yang berbasis di luar negeri atau yang sudah memiliki jaringan internasional. Namun, belum banyak dilakukan di Indonesia.

6. Berikan Opsi Langganan Konten

Cara ini wajib untuk Anda coba, terutama bagi Anda yang sudah menjalankan blog for Business. Dengan memberikan update konten eksklusif, Anda akan dengan mudah mendapatkan nama dan alamat email setiap pengunjung.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan formulir berlangganan di setiap halaman konten blog Anda. jadi, setiap pengunjung akan selalu ditawarkan untuk berlangganan blog. Jadi, kemungkinan mendapatkan prospek juga akan semakin besar.

7. Gunakan Teknik CopyWriting

Teknik copywriting adalah strategi yang dilakukan dengan membuat pesan singkat yang menarik agar pengunjung mau melakukan tindakan yang diinginkan.

Misalnya, Anda dapat membuktikan kalimat ajakan atau penawaran promosi suatu produk. Dengan begitu, pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat berinteraksi dengan website Anda.

8. Sediakan Live Chat Di Website

Fitur live chat juga ternyata tidak hanya berguna untuk bisnis dan memudahkan pembeli untuk menghubungi Anda. Ada alasan lain yang mengharuskan Anda menambahkan fitur ini ke situs web Anda. Karena fitur ini juga mampu meningkatkan leads Anda, terutama jika Anda menyediakan formulir kontak.

Kesimpulan

Demikian penjelasan kami tentang leads. Jadi, kita dapat menyimpulkan bersama bahwa lead adalah mereka yang memiliki potensi besar untuk menjadi pelanggan.

Cara terbaik dan paling ampuh untuk meningkatkan leads adalah dengan membuat landing page, membagikan ebook, membagikan konten premium gratis, menyediakan opsi berlangganan konten, menyediakan live chat di situs web, dan memanfaatkan media sosial. Anda bisa menggabungkan cara-cara yang telah disebutkan untuk mendapatkan leads yang maksimal. Jadi, keuntungan bisnis Anda akan meningkat pesat.

Leave a Comment