Sebenernya Podcast Itu Apaan Sih ? Simak Penjelasannya disini…

Belakangan ini banyak sekali content creator dan influencer yang membuat konten berbasis siaran radio atau sering disebut dengan podcast. Banyak penonton yang tertarik dengan konten tersebut karena terdapat proses diskusi yang menarik dan terkesan lebih santai di dalamnya.

Podcast merupakan salah satu konten media yang mendapat banyak perhatian publik karena terkesan lebih intens dan fleksibel dibandingkan siaran radio pada umumnya.

Kali ini kita akan membahas apa itu podcast dan jenisnya, sejarahnya, manfaatnya, dan cara membuatnya. Jadi, jika Anda tertarik untuk menyiarkan atau ingin membuat konten sendiri, maka Anda bisa mencoba membuat siaran radio yang menarik.

Sejarah Podcast

Sejarah podcast pertama kali muncul dalam sebuah artikel oleh Ben Hammersley di surat kabar The Guardian pada tahun 2004. Ia mengusulkan istilah “podcast” yang merupakan singkatan dari “play-on-demand” dan “broadcast”. Kemudian, diadopsi oleh perusahaan Apple, dalam produk iPod dan Apple Podcast.

Kemudian, Apple merilis fitur podcast pada tahun 2005. Siaran audio ini pun muncul di berbagai jaringan radio, seperti BBC, NPR, CBC Radio One, dan sebagainya. Untuk saat ini, tidak hanya perusahaan besar yang dapat menayangkan podcast mereka sendiri, tetapi Anda juga dapat melakukannya sendiri.

Dengan perkembangan zaman yang semakin canggih saat ini, mengakses dan berlangganan podcast menjadi semakin mudah. Sistem akses fleksibel inilah yang membuat Podcast menjadi booming untuk diakses banyak pendengar.

Apa Itu Podcast ?

Podcast adalah rekaman diskusi audio tentang topik tertentu, seperti bisnis atau perjalanan yang dapat didengarkan. Podcast yang banyak digunakan masyarakat untuk mendengarkan berita, ilmu, dan berbagi ilmu yang bersifat repeatable.

Podcast adalah salah satu konten yang paling populer, karena dapat didengarkan ketika sedang berpergian, seperti perjalanan ke kantor atau bahkan di tempat kerja. Itu karena kita tidak harus melihat sesi podcast secara visual.

Berbeda dengan radio yang harus mendengarkan semua konten yang bisa melalui radio, di podcast kita memilih topik yang diinginkan, mengulang, bahkan melewatkan bagian yang tidak kita sukai. Bahkan, Podcast kini bisa dijadikan ladang investasi berbiaya rendah, karena tidak membutuhkan stasiun radio. Pendengar juga memiliki kesempatan untuk memilih mengunduh topik yang sesuai dengan selera mereka.

Sekarang Anda juga dapat menggunakan podcast melalui aplikasi pihak ketiga. Karena sifatnya yang on-demand, podcast sangat populer di kalangan pengguna internet saat ini daripada mendengarkan siaran radio yang memiliki keterbatasan akses, frekuensi, dan waktu.

Jenis-Jenis Podcast

Setelah mengetahui apa itu podcast, selanjutnya kita akan mengenal jenis-jenisnya. Sehingga dapat menambah pengetahuan dan informasi tentang dunia penyiaran. Dari segi konten, podcast memiliki beberapa jenis, dimana masing-masing jenis memiliki audiensnya sendiri-sendiri. Berikut penjelasan singkatnya.

1. Interview Podcast

Jenis pertama adalah podcast di mana pembawa acara akan melakukan sesi wawancara dengan tamu atau sumber yang berbeda untuk setiap episode. Contoh dari interview podcast dapat ditemukan di channel Youtube Deddy Corbuzier.

2. Solo Podcast

Jenis kedua adalah podcast yang dilakukan oleh pembawa acara sendiri atau monolog. Tujuan dari solo podcast sendiri adalah untuk menyampaikan pendapat, berbagi informasi, atau melakukan sesi tanya jawab. Dimana, dilakukan oleh pembawa acara dan pendengar. Salah satu contoh podcast ini adalah Smart Passive Income Podcast yang dipandu oleh Pat Flynn adalah contoh yang sangat menarik dari podcast solo.

3. Multi Host Podcast

Jenis ketiga, adalah podcast yang memiliki lebih dari satu host. Tujuan dari multi host podcast adalah untuk menawarkan diskusi dan memiliki pendapat dan perspektif yang berbeda, untuk mengembangkan diskusi yang lebih menarik.

Dengan demikian, pendengar akan lebih tertarik mendengarkan debat, dan dapat memberikan nilai hiburan tersendiri. Semakin dalam pembahasan jumlah yang diajukan, maka semakin banyak pula kunjungan dari pengunjung podcast Anda. Salah satu contoh podcast yang cukup sukses di jenis ini adalah The Fizzle Show. Podcast ini dipandu oleh Caleb Wojcik, Corbett Barr, dan Chase Reevers.

Manfaat Podcast

Podcast memiliki beberapa manfaat serta keunggulan dibandingkan saluran lain. Selain bisa diakses kapan saja, Podcast juga bisa mengatur topik tayangan audio yang ingin dibahas mulai dari topik ringan, seputar pendidikan, diskusi, dan lain sebagainya. Beberapa keuntungan lain dari podcast adalah :

1. Ada Banyak Variasi Pilihan Kategori

Manfaat pertama, ada banyak topik bahasan yang bisa digunakan dalam membuat siaran podcast. Mulai dari kategori, musik, film, politik, atau publik figur. Anda juga dapat menyesuaikan konten saluran Anda sendiri.

2. Tidak Berisi Banyak Iklan

Dalam podcast, jangan menayangkan iklan meskipun Anda tidak berlangganan. Berbeda dengan radio yang selalu menyisipkan iklan dalam siaran langsung. Jadi, Anda bisa mendengarkan rekaman atau diskusi dengan lebih nyaman dan fokus.

3. Fleksibel dan Dapat Didengar di Mana Saja

Manfaat terpenting, Anda dapat mendengarkan siaran tanpa batas waktu dan tempat. Anda juga dapat mengaksesnya saat berangkat atau pulang kerja, sebelum tidur, atau saat Anda merasa bosan. Podcast Spotify menyediakan fitur yang memungkinkan Anda mengunduh acara nanti.

Cara Membuat Siaran Podcast

Selanjutnya, masuk ke pembahasan cara membuat podcast yang baik dan benar. Untuk dapat mengembangkan konten yang menarik, dibutuhkan beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi. Berikut adalah beberapa langkah untuk membuat siaran podcast yang menarik.

1. Tentukan Tema yang Tepat

Langkah pertama dalam membuat podcast adalah pastikan terlebih dahulu menentukan tema atau topik bahasan yang ingin dikembangkan. Saat ini, banyak podcast disiarkan secara publik melalui layanan musik digital.

Beberapa media podcast juga menyediakan beberapa kategori seperti koordinasi olahraga, politik, musik, film, dan lain sebagainya. Pastikan Anda telah memilih topik dan niche yang sesuai dengan minat dan minat Anda.

2. Persiapkan Tempat, Alat, dan Bahan

Kemudian, persiapkan segala kebutuhan mengenai alat dan bahan untuk proses pembuatannya. Anda tidak boleh menggunakan mikrofon internal pada laptop atau komputer. Namun, gunakan saja mikrofon secara terpisah dan jadilah lebih profesional.

Anda juga dapat memilih mikrofon yang memiliki fitur noise yang baik agar suara di sekitar Anda tidak terganggu selama proses pembuatan. Juga, lakukan proses perekaman di ruangan yang memiliki rekaman atau jauh dari koleksi.

Siapkan juga tempat/studio khusus kedap suara agar saat merekam Podcast tidak ada noise (gangguan).

3. Mulai Buat Konten Sesuai Tema yang Telah Ditentukan

Setelah menentukan tema dan menyiapkan alat-alat sedemikian rupa, hal selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah pembuatan atau script untuk merekam podcast. Untuk yang pertama, Anda bisa mendesain rekaman untuk pengenalan diri Anda terlebih dahulu.

Kemudian, buat skrip untuk acara podcast dengan durasi yang ditentukan. Secara umum, durasi setiap siaran berkisar antara 20 hingga 60 menit. disesuaikan dengan topik yang akan dibahas. Dalam menyajikan podcast, gunakan bahasa yang lebih informatif, jelas, ringkas, dan interaktif dengan pembicara.

4. Edit Rekaman Menggunakan Software

Ada banyak aplikasi edit audio yang bisa Anda gunakan, seperti Audacity atau Adobe Audition. Bagi anda yang membutuhkan software gratis, maka anda bisa menggunakan Audacity. Jika Anda membutuhkan aplikasi pengeditan audio yang fleksibel dan lebih kompleks, REFT Digital merekomendasikan Adobe Audition.

5. Upload Hasil Akhir Rekaman

Cara terakhir untuk membuat podcast adalah dengan mengupload audio yang sudah selesai dibuat. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa informasi penting seperti judul, seri, deskripsi, kategori, dan lainnya.

Anda juga dapat menggunakan layanan dari pihak ketiga (pihak ketiga) seperti Anchor untuk mengunggah podcast ke berbagai platform media digital yang ada. Seperti podcast Spotify, SoundCloud, dan Youtube.

12 Rekomendasi Podcast dari Indonesia

Berikut adalah beberapa contoh rekomendasi podcast indonesia yang bisa kalian dengarkan.

  1. Podcast Awal Minggu
  2. Box2Box
  3. Sudut Pandang
  4. Do You See What I See
  5. Rapot
  6. Podcast Raditya Dika (PORD)
  7. Kejar Paket Pintar
  8. Asumsi Bersuara
  9. Ngobrol Bareng Musisi (Ngobam)
  10. Petjah
  11. Podcast Subjective
  12. Makna Talks

Rekomendasi Aplikasi Untuk Mendengarkan Podcast

Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk menikmati konten podcast. Berikut kami berikan daftarnya.

1. Anchor

Anchor, Anchor adalah aplikasi podcast yang terdengar familiar bagi banyak orang. Aplikasi dapat digunakan untuk mendengarkan, dan juga membuat podcast. Konten yang telah dibuat juga bisa menghasilkan uang.

2. CastBox

Castbox menghadirkan koleksi lebih dari 1 juta podcast yang dikumpulkan dari berbagai sumber seperti iTunes dan lainnya. Aplikasi ini mencakup dukungan untuk 70 bahasa, podcast untuk mempelajari bahasa, dan banyak lagi. Sama seperti Anchor, Castbox dapat diunduh secara gratis tanpa iklan.

3. Spotify

Aplikasi ini melebarkan sayapnya dengan tidak hanya menghadirkan konten musik dalam aplikasi, tetapi juga telah menghadirkan konten podcast dengan topik yang lengkap.

4. PodBean

Aplikasi ini mungkin kurang populer dibandingkan aplikasi lain. Namun, Podbean adalah aplikasi podcast yang cukup mumpuni. Podbean menyajikan banyak koleksi podcast yang telah dikategorikan lebih lanjut, pengguna juga dapat berlangganan podcast yang mereka sukai.

5. Youtube

Podcast di aplikasi ini akan sedikit berbeda dengan aplikasi lainnya. Karena podcast di YouTube menyediakan konten audio dan visual.

Kesimpulan

Podcast merupakan salah satu media yang termasuk dalam siaran radio dan dapat diakses kapan saja dengan menggunakan jaringan internet. Podcast terbagi menjadi 3 jenis yaitu interview, solo dan multi-hosted. Cara membuat rekaman audio yang baik adalah dengan menentukan topik, menyiapkan alat, menyusun konten, melakukan proses editing, dan terakhir melakukan proses rilis konten (upload).

Ada beberapa rekomendasi platform podcast Indonesia untuk menemani keseharian kamu dan mengisi kebosanan kamu. Sehingga dapat menambah informasi dan meningkatkan mood pada waktu tertentu.

Leave a Comment