Kalian Harus Tau Hal Ini Dulu Sebelum Menjadi Self Employer !!

Tahukah kalian bahwa saat ini, self employed adalah pilihan karir yang paling diminati oleh kaum milenial ?

Saat membahas tren profesi, kaum milenial cenderung memilih menjadi wirausaha dan membangun bisnis kecil-kecilan sendiri. Jadi, apa itu self employed dan apa keuntungan menjadi seorang self employer ? Simak secara lengkap dalam artikel ini.

Apa Itu Self Employed ?

Self Employed adalah seorang individu yang bekerja sendiri, dan tidak bekerja untuk perusahaan tertentu yang memberikan upah atau gaji secara konsisten.

Setiap individu yang self employed atau lebih dikenal dengan wiraswasta memperoleh penghasilan dengan melakukan perdagangan atau usaha secara langsung.

Karena self employer sendiri tidak memiliki kontrak dengan perusahaan, maka tidak ada perantara yang akan membayar pajak mereka. Oleh karena itu, tanggung jawab membayar pajak harus diselesaikan sendiri dengan perhitungan yang tentunya juga berbeda.

Wiraswasta mungkin terlibat dalam berbagai pekerjaan, tetapi umumnya mereka sangat terampil dalam jenis pekerjaan tertentu. Jenis pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh wiraswasta contohnya seperti penulis, pedagang, investor, pengacara, tenaga penjual, dan agen asuransi.

Di sisi lain, menurut The Balance SMB, United States Internal Revenue Service menyatakan bahwa self employed adalah mereka yang menjalankan perdagangan atau bisnis sebagai pemilik tunggal atau kontraktor independen.

IRS juga menganggap pekerja self employed sebagai wiraswasta jika mereka memiliki perjanjian sebagai mitra bisnis, atau jika mereka menjalankan bisnis mereka sendiri.

Jenis Self Employment

Seperti yang sudah ReDi dijelaskan, beberapa self employer memiliki keterampilan di bidang tertentu.

Namun demikian, tidak semua bidang pekerjaan cukup menguntungkan. Oleh karena itu, hanya ada beberapa pekerjaan yang terus dikembangkan.

Nah, berikut ini adalah jenis-jenis pekerjaan mandiri yang sering dipilih oleh kaum milenial. Simak yaa….

1. Consumer Products

Menurut Simplicable, jenis pekerjaan self employed ini adalah salah satu pilihan yang paling banyak dicari oleh kaum milenial.

Dalam bidang ini, pengusaha fokus untuk menciptakan atau memasarkan produk yang dapat digunakan oleh konsumen. Contohnya adalah bisnis kedai kopi yang saat ini sedang naik daun dan dapat ditemui di kota-kota besar.

Tujuan dari bidang ini cukup sederhana, yaitu untuk menawarkan produk terbaik agar dapat dikenal oleh masyarakat luas.

2. Creative Services

Di bidang layanan kreatif, tugas karyawan self employer adalah menciptakan dan menawarkan produk kreatif untuk perusahaan dan pelanggan.

Namun jangan salah, tanggung jawab mereka berbeda dengan para freelancer. Kalau freelancer membuat janji ke berbagai perusahaan, self employer di bidang creative services umumnya memiliki bisnis sendiri.

Mereka akan membuat produk berdasarkan ide dan konsep mereka sendiri. Tentunya setelah menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat luas.

3. Media and Publishing

Nah, bidang yang satu ini berbeda dengan layanan kreatif. Di sektor jasa kreatif, pekerja lebih fokus pada bahan desain untuk keperluan produk. Sementara di media dan penerbitan, wiraswasta lebih mengandalkan kemampuan menulis dan menjual kontennya.

Mulai dari copywriting hingga konten di blog atau media sosial lainnya, pekerjaan di bidang yang satu ini juga menjadi sorotan publik, terutama bagi yang hobi membaca.

4. Value Added Reseller

Bukan menjual kembali produk yang kini menjadi incaran banyak orang, jenis pekerjaan self employed di bidang yang satu ini akan menambah nilai sebelum menjual kembali barang tersebut.

Contohnya adalah bisnis sablon atau desain khusus jaket jeans. Nilai tambah kreativitas, estetika dan orisinalitas secara langsung meningkatkan harga produk.

Intinya, bidang yang satu ini menonjolkan sisi kreatif pekerja wiraswasta.

5. Events

Ya, daripada bergabung dengan sebuah event management, pekerja milenial kini lebih memilih untuk merancang konsep acara secara mandiri.

Mulai dari merencanakan, mempromosikan, hingga menjalankannya, banyak milenial kini yang tengah membuat bisnis manajemen event.

Keuntungan Menjadi Self Employed

Seperti jenis pekerja lainnya, self employed tentunya memiliki kelebihan tersendiri.

Nah, kelebihan yang dimiliki oleh self employer adalah sebagai berikut.

1. Jam Kerja Fleksibel

Dilansir dari Lifehack, salah satu keuntungan menjadi seorang self employer adalah jam kerjanya yang cukup fleksibel.

Mereka dapat mengatur jadwal kerja sesuai dengan waktu yang mereka miliki. Karena jam kerja yang lebih fleksibel ini, keseimbangan kehidupan kerja mereka lebih teratur.

2. Pekerjaan sesuai Passion

Dengan kebebasan bekerja tanpa mengikuti peraturan kantor, para self employed bisa bekerja sesuai dengan minatnya.

Tak jarang kalian mengenal bisnis kecil-kecilan yang dibangun berdasarkan passion pemiliknya. Oleh karena itu, jika kalian ingin menekuni minat, berwirausaha bisa menjadi pilihan terbaik buat kalian.

3. Upah yang Seimbang

Menurut Brooksonone, salah satu keuntungan lain dari self employed adalah gaji yang sepadan dengan kinerja.

Tidak sedikit karyawan perusahaan yang tidak mendapatkan gaji penuh. terkadang besarnya upah tidak sebanding dengan kerja keras mereka. Nah, dengan membangun bisnis dan bekerja sendiri, upah Anda akan sesuai dengan kerja keras yang kalian lakukan.

Perbedaan Self Employed dengan Pemilik Bisnis

Banyak yang mengira bahwa pemilik bisnis dan self employed memiliki arti yang sama. Namun, keduanya sangat berbeda. Self employed adalah orang yang mengenal dirinya sendiri, sedangkan pemilik usaha cenderung mencari orang lain untuk menjalankan usahanya.

Sayangnya ada beberapa orang yang mengaku sebagai pemilik bisnis, padahal mereka lebih tepat disebut self employed. Agar tidak bingung, ketahui beberapa perbedaannya di bawah ini.

Self Employed

Seorang pemilik bisnis biasanya dengan senang hati memberikan pekerjaan kepada orang lain. Mereka tidak membiarkan usahanya begitu saja tanpa bantuan orang lain. Mereka memiliki setidaknya satu karyawan yang akan membantu menjalankan bisnis mereka. Mereka suka menghormati orang lain.

Pola pikir pemilik bisnis lebih cenderung menciptakan lowongan pekerjaan untuk orang lain. Jiwa kepemimpinan mereka akan terpancar ketika berinteraksi dengan mitra bisnis lainnya. Mereka juga dapat mengatur karyawannya dengan sangat baik.

Jika seorang pemilik bisnis meninggalkan pekerjaannya untuk waktu yang lama, bisnisnya akan terus berjalan. Keuntungan akan terus didapat karena ada orang lain yang menjalankan usahanya, yaitu karyawannya. Bahkan bisa jadi keuntungannya lebih besar karena karyawannya lebih baik dari pemilik usaha.

Pemilik Bisnis

Sementara pemilik bisnis cenderung memiliki karyawan, pengusaha sebaliknya. Mereka suka bekerja untuk diri mereka sendiri. Apa yang mereka lakukan semata-mata untuk keuntungan mereka sendiri. Mereka juga tidak membutuhkan orang lain untuk melakukan pekerjaan mereka.

Pada umumnya, self employed memiliki tingkat pendidikan yang sangat tinggi dan tidak suka bila ada orang lain yang jauh lebih unggul darinya. Oleh karena itu, mereka tidak suka berbagi ilmu dan cenderung tidak memiliki karyawan. Yang ada di pikiran mereka adalah bekerja dengan sebaik-baiknya, menjadi yang terbaik di antara pengusaha lain, dan kemudian mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Jika seorang self employed meninggalkan pekerjaannya dalam waktu yang lama, tentu usahanya akan berhenti sewaktu-waktu. Tidak ada orang lain yang membantu menjalankannya sehingga tidak ada pemasukan atau keuntungan sama sekali. Mau tidak mau, mereka harus tetap bekerja untuk mendapatkan penghasilan.

Contoh Pekerjaan Self Employed

Wiraswasta pada dasarnya mirip dengan bekerja dengan freelance. Kalian bekerja untuk diri sendiri, tanpa berada di bawah konsep perusahaan apa pun. Hanya saja pekerja wiraswasta biasanya memiliki usaha sendiri, sedangkan pekerja lepas menerima pekerjaan dari banyak klien. Jenis pekerjaan ini sangat cocok bagi kalian yang ingin memiliki jam kerja yang fleksibel.

Nah, jika kalian ingin menjadi self employed, inilah 5 pekerjaan yang bisa kalian coba.

1. Desainer Grafis

Pekerjaan di bidang kreatif ini merupakan salah satu bidang yang paling banyak dicari dan diminati. Untuk menjadi sukses di bidang ini, kalian harus selalu kaya akan ide. Karena kamu tidak bekerja untuk perusahaan tertentu atau bertanggung jawab kepada atasan, kalian harus aktif mencari bisnis baru dan membangun hubungan baik dengan klien.

Pekerjaan ini fleksibel dengan gaji yang memuaskan. Sebagai referensi, di Indonesia gaji seorang desainer grafis di sebuah perusahaan sekitar 5-8 juta/bulan (Qerja.com).

2. MUA (Makeup Artist)

Bagi kalian yang menyukai dunia kecantikan, hobi kalian bisa menjadi sumber uang. Untuk menjadi seorang MUA, kalian harus mempersiapkan diri untuk sering bekerja di akhir pekan, dari subuh hingga senja.

Sukses di bidang ini juga perlu secara konsisten membangun reputasi. Kalian juga harus bersiap untuk mengunjungi klien yang mungkin berada di luar kota. Jika kalian profesional dan memiliki nama baik, penghasilan seorang MUA bisa mencapai 20 juta!

3. Les Privat

Les privat juga menjanjikan wiraswasta. Tentu saja, semakin kalian menguasai mata pelajaran yang diajarkan, semakin tinggi biaya yang dapat kalian kenakan. Jika kalian mengambil pekerjaan ini, kalian harus bepergian dan mengunjungi klien.

Ada banyak bidang yang bisa kalian tekuni dalam pekerjaan ini, salah satunya adalah bimbingan belajar bahasa Indonesia untuk orang asing. Gaji rata-rata tutor di Indonesia di bawah perusahaan adalah 4-10 juta per bulan (Indeed.com).

4. Fotografer

Sama seperti MUA, menjadi fotografer yang bisa dimulai dari passion ini butuh waktu untuk membangun reputasi. Awalnya penghasilan yang didapat mungkin tidak serta merta tinggi, namun ketika nama kalian dikenal luas, seorang fotografer bisa mendapatkan penghasilan sekitar 5-9 juta (Indeed.com)

5. Pemilik Online Shop

Tentunya jika ingin lepas dari perusahaan, namun tetap mendapatkan keuntungan yang memuaskan, berbisnis online adalah salah satu caranya. Pastinya kalian sudah sering mendengar cerita dari pelajar SMA atau mahasiswa yang mendapatkan keuntungan hingga ratusan juta dari berbisnis toko online.

Untuk mendapatkan angka tersebut tidak instan dan harus konsisten. Tapi, bisnis ini adalah salah satu yang paling menjanjikan di era digital seperti sekarang ini.

Kesimpulan

Itu saja yang perlu Anda ketahui tentang self employed. Intinya, self employed adalah salah satu pilihan yang paling diminati kaum milenial.

Selain jam kerja yang longgar, keuntungan menjadi self employment dirasa menjadi alasan di balik populernya istilah tersebut saat ini.

Leave a Comment